Add Listing

Apa itu kekerasan berbasis gender?

Apa itu kekerasan berbasis gender?

Mungkin banyak dari kita yang belum terlalu memahami apa sih sebenarnya arti dari kekerasan berbasis gender itu. Maka di posting blog ini, kita akan bahas sedikit mengenai definisi dan jenis-jenis dari kekerasan berbasis gender.

Kekerasan berbasis gender pada dasarnya adalah kekerasan yang terjadi pada seseorang yang didasarkan atas seks atau identitas gender dari orang tersebut.

Apa saja bentuk-bentuk dari kekerasan berbasis gender?

Kekerasan seksual

Jenis-jenis kekerasan seksual termasuk:

  1. Pelecehan seksual (menyentuh tanpa izin, siul-siul, candaan seksual, mengirim foto tanpa diminta, memaksa berkomunikasi/tidak menerima tolakan)
  2. Eksploitasi seksual (tindakan mengiming-iming untuk memenuhi kepuasan seksual)
  3. Pemaksaan kontrasepsi (pemasangan alat kontrasepsi tanpa persetujuan utuh dari yang bersangkutan)
  4. Pemaksaan aborsi (pengguguran kandungan yang dilakukan karena adanya paksaan, ancaman, atau intimidasi dari pihak lain)
  5. Perkosaan (pemaksaan hubungan seksual)
  6. Pemaksaan perkawinan (termasuk memaksa korban perkosaan menikahi pelaku)
  7. Pemaksaan pelacuran (situasi di mana korban mengalami tipu daya, ancaman, ataupun kekerasan agar menjadi pekerja seks)
  8. Perbudakan seksual (perilaku di mana pelaku merasa memiliki tubuh korban sehingga memaksakan kepuasan seksual melalui pemerkosaan atau bentuk lain)
  9. Penyiksaan seksual (tindakan yang menyakiti organ dan seksualitas korban sehingga menimbulkan rasa sakit atau penderitaan bagi korban)

Kekerasan fisik

Segala tindakan yang menyebabkan cedera atau trauma pada seseorang melalui kontak tubuh.

Seperti: memukuli, menendang, female genital mutilation, melakukan tindakan yang melukai.

Kekerasan psikologis

Segala tindakan yang menyebabkan kerugian psikologis bagi seseorang. Kekerasan psikologis juga melibatkan upaya untuk menakut-nakuti, mengendalikan, atau mengisolasi seseorang. Di mana hal ini dapat menimbulkan trauma, kecemasan, depresi, dan stress pasca-trauma.

Seperti: menelantarkan, mengontrol perilaku seseorang, tidak menghargai, mengancam, mempermalukan.

Kekerasan ekonomi

Kekerasan ekonomi merupakan upaya untuk mengendalikan sumber daya keuangan seseorang untuk menciptakan ketergantungan finansial sebagai alat kontrol.

Seperti: menahan keuangan seseorang, menghalangi seseorang untuk memiliki penghasilan/aset/properti, menghalangi seseorang untuk bekerja atau bersekolah dikarenakan gendernya.

Mencari bantuan

Apabila Anda atau teman/keluarga/kerabat Anda mengalami salah satu atau beberapa jenis kekerasan yang disebutkan di atas, Anda bisa mendapatkan bantuan hukum, konseling, pendampingan, atau layanan lain dengan menghubungi lembaga layanan terdekat untuk berkonsultasi. Di carilayanan.com, Anda bisa mencari dukungan apa saja yang dibutuhkan.

Ingat bahwa kekerasan yang terjadi pada Anda, bukanlah salah Anda. Apabila membutuhkan bantuan, kami ada di sini untuk membantu.

Tags:
Next Post
Tanda-tanda hubungan tidak sehat

Add Comment

Your email is safe with us.

Skip to content